Smalane...., envy me for this. Kapan itu tanggal 11 Februari 2012....

SAYA BERHASIL NAIK KE ATAP LABKOM
(dan alhamdulillah turun dengan selamat. Makasih Ya Allah)

Sesuatu yang saya pingin banget lakuin semenjak dulu. Mungkin yang bukan anak sekolah saya nggak ngerti kenapa kok saya sampe mbelani naik ke atap yang tingginya setinggi lantai tiga. Tapi saya juga nggak ngerti kenapa sih. Heheh. I just wanna do it!

Mungkin kalian cuma bisa naikin alis, dan bertanya-tanya heran, hah, ngapain nih orang? hahaha. Tapi naik ke atas atap labkom adalah hal yang sering sekali dilakukan sama teman-teman laki-laki saya macam Emer, Vicky, Mawan, Abi, Mujahid, Gaza dan kawan-kawan. Teman laki-laki saya yang ibaratnya udah kebal sama push up.

Dari dulu, kalau saya ngeliat ada yang berdiri disana, saya selalu penasaran. How doest it feel? Being up here, and able to look at this entire school's old building. How does the sky look like? How does the air up here? Dan saya ingin naik kesana.

Saya pun memasukkan hal ini ke daftar 'Things to do before High School ends' (Nanti kalau saya sudah lulus SMA, akan saya ceritakan apa saja :) ). Dan ketika saya membuka daftar keinginan itu seminggu yang lalu saya sudah hampir putus asa sama keinginan di poin terakhir. 'Naik ke atap labkom'. Bisa ta? Serem banget looh.

Dimulai dari omongannya Enok di teras Neutron (LBB tempat saya dan dia eles) "Aku pingin ke sekolah Em... Tapi nggak tahu mau ngapain." Entah kenapa saya kangen suasana sekolah, tapi bukan suasana yang biasa saya rasain sehari-hari, suasana sekolah yang agak sepi, dan ketika saya habis ada perlu di sekolah. Somehow, I do miss those times.

Saya pun ngeiyain, dan Enok tentu aja seneng dapet temen. Akhirnya kita ke sekolah jalan kaki sambil diiringi sedikit rintik-rintik hujan.  Sampai di sekolah, agak geje. Duduk-duduk di pendopo besar, dan ngobrol-ngobrol. Terus kita buntu, akhirnya ke lapangan tengah. Di koridor banyak anak paralela lagi persiapan lomba, sementara lapangan tengah dipakai anak paski.

Mungkin waktu itu mata kita berdua sama-sama tertuju ke dinding labkom yang menjulang tinggi, dan setelah berdebat-debat sebentar, dan mengenyampingkan rasa takut, kita setuju buat naik ke atas.

Waktu jaman UAS semester 1 kemarin, Enok udah naik duluan ke atap labkom sama si Brudin. Saya waktu tahu dia sudah berhasil naik duluan, dulu bilang, buat ngajak-ngajak lain kali. Nggak tahunya keturutan. Saya sempet ragu juga sih buat naik, secara kita berdua cewek, dan Enok dengan santainya ngomong, "Tenang Em, kan ada anak PMR. Kalau ada apa-apa ntar mereka yang nolongin." Ya ampuuun. hahaha

(btw, saya ikut deg-degan lagi sembari nulis ini)

Sebelum naik, Enok ngejelasin triknya lebih dulu. Kami rencananya bakal manjat teralis di depan XII-8 di dekatnya tiang, terus setelah sampe di atas genteng XII-8, kami bakal menyusuri gentengnya XII-9, terus sekos dan sampe ke labkom, terus naik lagi.

Dulu saya ngira lebih enak lewat pohon di deketnya genteng sekos, tapi katanya Enok manjat pohon gak segampang keliatannya. Kelihatan gampang soalnya biasanya anak-anak cowok yang ngelakuin, atau kalau nggak anak-anak cowok itu naik langsung dari labkom (yg menurutku cara paling horor)

Kami pun ngelepas sepatu. Nyeker ceritanya. Kalau kalian mikir kita pake training, dan siap sedia, jawabannya nggak. Kami sama-sama pake celana jeans.

Sebelum manajat, kita berdoa dulu, terus salaman. Enok manjat teralis duluan. Kayaknya gampang. Oke, akhirnya giliran saya. Udah manjat sambil gemeteran, sampai tengah-tengah kaki kanan saya kram! Bayangiiiin. Saya langsung takut, dan buru-buru turun. "Diem dulu Em, kamu itu kram soalnya takut." Saya nggak nggubris kata-katanya dia. Pokoknya saya takut titik. Teralisnya goyang-goyang pula. Tarik nafas... untuk yang kedua kalinya saya naik lagi. Kram lagi, gagal lagi, padahal udah beneran mau sampe di ujung genteng. Pokoknya ada empat atau lima kali mungkin saya nyoba, sampai akhirnya saya nyerah... "Nok, udah Nok. Gak berani. Turun aja."

Enok walaupun benar-benar menyayangkan semua ini, akhirnya turun juga. Di bawah dia juga masih semangat ngerayu saya. Tiba-tiba si Limpat (Ketua Osis) lewat, saya iseng tanya, "Dek, enaknya mbak naik nggak?" Sambil mesam-mesem ala Limpat dia jawab, "Oh mau naik? ya monggo mbak. Mumpung nggak ada Pak Mun. Hehehe" Nggak kaget saya, dia ngomong begitu. Bener Emang. Facing your fear! Kalahkan.

Akhirnya... saya setuju buat naik lagi. Kali ini nggak kram lagi, walaupun masih takut. Saya hanya berpikir, sampai kapan saya takut terus. Saya beberapa kali dikuasai oleh rasa takut, dan saya berhasil dikalahkan olehnya. But... This time I won't let it happen again. Pugi halsu opsso!

Akhirnya saya sampai!

Sekitar sepuluh menit pertama, saya cuma berani duduk di ujung genteng sambil megangin tiang. Masih nggak berani gerak sama sekali. Saya masih gemeteran. Saya ini gadis biasa yang suka baca buku, dan lumayan sering bikin kerajinan tangan. Saya nggak pernah manjat-manjat apapun. Saya juga udah ngos-ngosan kalau disuruh push up 2 seri, yang digabung sama sit up, back up, dengan jumlah yang sama, dilanjut lari keliling lapangan. Dan saat itu... hueee... beda sama Enok yang ngakunya lumayan manjat-manjat di rumahnya beberapa kali dan pernah sering banget back up setiap hari.

Sok sok senyum padahal masih gemeteran

Pas udah mendingan
Si Enook
"Nok udahan. Turun ya." saya masih di tempat semula, cuma beda beberapa centi dari awal. Walaupun ngajakin turun tapi saya nekat foto-foto dulu. Haha.

"Yakin Em?"

Jujur saya ragu, ini jelas-jelas sudah separuh dari keinginan saya. Tapi saya takut, perjalanannya masih jauh.


"Iya turun ajah." Hweee.... Tapi Enok tetep 'nyemangatin' saya. Gaya kalau lagi nge-mos-i adek kelasnya keluar, tentu aja gak pake grafik. Hahaha. But thank you, gara-gara itu saya akhirnya lanjut. Kalau awalnya saya mikir, kami bakal nyusuri genteng sambil jalan, ternyata nggak. Caranya? geser posisi duduk. Makanya agak lama, dan tentu saja sapa sih yang gak takut di tempat setinggi itu (buat saya). Gentengnya agak basah karena waktu itu agak gerimis, tapi seiring dengan perjalanan akhirnya reda.

Agak sedikit risky di tikungan genteng dari XII-9 ke sekos. Bayak kabel... Semua ini lebih mengerikan daripada fire walking bung. Ini bukan out bond, ini kehidupan nyata. Selain itu genteng di daerah situ ada lumutnya jadi harus hati-hati biar gak kepleset.

Oke lanjut. Enok jalan duluan baru saya. Sekarang saya sudah sampe di atap koridor sekos. Dari jarak yang lumayan jauh, saya liat Enok sudah sampe di naik-naikan ke atap labkom. Dari awal saya sudah tahu, ini adalah bagian yang paling susah. Karena tinggi kami hampir sama, walaupun Enok sedikit lebih tinggi sih, tinggi undak-udakannya itu sekitar mata kami, dan kami harus naik.
Enok di deket undak2an tinggi yg susah


Enok sempet bingung, "Ini yaapa naiknya Em?" Dia dulu soalnya di tarik dari atas sama Brudin. Awalnya saya berencana deketin dia, terus dorong dia dari bawah. Tapi sebelum saya berhasil mendekat, she made it. Keren banget emang nih anak. 

Akhirnya... giliran saya. Pelan-pelan saya nyoba berdiri. Selain undak-undakannya tinggi, kabelnya banyak. ... Horor. Saya nyoba cara yang sama kayak yang Enok lakuin tadi. Kaki kanan saya bertumpu  di cekungan cendela, dan kaki kiri saya, saya tumpuin di tembok buat dorong badan saya ke atas, tapi licin. Akhirnya saya balik lagi di atap. Kali ini sangat gemeteran.

Saya duduk lagi di genteng. Sangat gemeteran. Sempet pengen nyerah. Tapi ueman pulpulan. "Ayo Em!" Enok lagi-lagi nyemangatin sambil ngulurin tangannnya. Saya pun ngasih dia isyarat, "Bentar, mau nenangin diri dulu. Nanti aku coba lagi."

Cukup lama duduk di genteng situ. Sempet moto juga. Huehehe. Adek kelas (bukan anak paski, anak paski lagi di dalem ruangan) Antariksa berdiri dan menghadap ke saya, nyemangatin (mestinya lho yaaa. Hehehe)

Akhirnya saya berdiri lagi, saya coba cara yang hampir sama seperti sebelumnya, bedanya kaki kanan saya, saya pijakkan entah kemana. Pokoknya saya mengerahkan tenaga sebisa saya, yang ada di pikiran saya cuma ayo Em, do or die. Akhirnya saya berhasil naik. Walaupun badan saya sakit semua, walaupun masih gemetaran. It was a relief. 

Saya jadi ingat teori the darkest hour. Hal paling 'suram', istilahnya, biasanya ada ketika kita sudah dekat sama tujuan kita, sayangnya banyak orang yang menyerah di saat itu. Padahal apa yang ingin diraihnya ada tepat setelah masa-masa yang paling sulit itu.

Sama kayak waktu saya manjat ke atas, dan nggak beda jauh sama kehidupan nyata. Mungkin kita masing-masing banyak nggak sadar kalau kita (mungkin) sudah beberapa kali nyerah di the darkest hour hidup kita. Who knows? karena sudah menyerah itu, akhirnya kita gagal dapet apa yang kita inginkan.

Di atas ngapain ya? Hahaha. Saya sama Enok kayaknya sama-sama spechless. Saya ajakin dia teriak jurusan yang kita pengen buat kuliah nanti, tapi dia gak mau. Hahaha. Tapi Enok emang malu-malu soal jurusan yang dia pengen. Saya sendiri sudah ngomong sama angin apa yang saya mau, bukan teriak, tapi nggak berbisik juga. Hahaha
 
 




Akhirnya... waktunya turun. Ini nggak kalah seremnya sama naiknya. Apalagi di undak-undakan labkom itu tadi. 

Sempet mikir, gimana kalau disini terus sampe malem terus nangis kayak kucing ilang, sampe dipanggilin pemadam kebakaran, kayak di kartun-kartun terus turun dengan 'aman'. Tapi mau nggak mau ya kan. 

Enok turun duluan. Alhamdulillah lancar. Lalu saya... sempet bolak balikin badan, buat nyari posisi yang pas. Lalu semuanya terjadi begitu saja, tumpuan tangan saya kuatkan, dan... turunkan kaki pelan-pelan. Hup. Tau-tau di genteng. Aaaaaa.... brrrr... serem tadi itu. 

Enok ngajakin turun lewat pohon, saya nggak mau. hehehe. Akhirnya kita menyusuri genteng yang lumayan jauh itu tadi, terus turun lewat teralis lagi. Lebih gampang turunnya daripada naiknya. Dan... akhirnya kaki saya nginjak tanah lagi... Alhamdulillah.

Sampai di bawah saya ketawa-ketawa, walaupun sebenernya masih gemeteran. Waktu Enok udah turun juga, Limpat lewat, "Dek, kita udah sampe di atas loooh!" Limpat cuma senyum kalem, "Oh ya? Wah... Untung nggak ada Pak Mun." terus Limpat pamit pergi. Hahaha

What a day! Akhirnya sama Enok memutuskan buat ke kantin, tapi ternyata sudah tutup semua. Terus nggak tahunya Enok di jemput, saya akhirnya ke mushola, buat salat. Sampai waktu salat pun, saya masih lumayan gemeteran. Hahaha. But I was happy. Being able to do something which is somewhat impossible for you is a bliss. 

Sejauh ini... komentar orang-orang yang tahu, bahkan teman sekolah saya sekalipun, 70% bilang saya udah gila, kurang kerjaan. Huehehehe. Sisanya pengen, dan sebel soalnya saya nggak ngajak-ngajak mereka.


*diposkan dari Labkom


One Comment

Powered by Blogger.